Minggu, 05 Februari 2012

Kembaran Mobil Esemka Ditemukan Di India

Force One (kiri) Esemka Rajawali (kanan)
India – Satu lagi kembaran mobil nasional Esemka Rajawali generasi awal terungkap. Jika sebelumnya sosok mobil Cina Foday Explores III, kali ini kembaran Esemka hadir dari Negeri Bollywood, India dengan julukan Force One. Uniknya, bintang film kawakan Bollywood Amitabh Bachchan diplot sebagai dutanya.

Foday Explores II
Tak percaya? Coba bandingkan saja eksterior Force One dengan Esemka Rajawali generasi awal. Bentuk gril, front fascia dan headlamp terlihat persis. Hanya saja edisi India tersebut lebih elegan lewat lampu berproyektor dan aksen LED. Kemiripan jelas terjadi di interior. Tepatnya pada dashboard berdesain simetris kotaknya dan bagian center cluster nya. Hanya saja, bentuk setir Force One berbeda, terutama berkat tombol audio sistem dan fitur tilt steering nya, serta wood panel.
Interior: Force One (atas), Esemka Rajawali (bawah)

Sementara itu, desain kaki-kaki Force One tampil lebih kokoh dengan kawalan pelek 16 inci berpalang tebal. Jarak ground clearance juga lebih tinggi dari Esemka Rajawali. So, kemampuan off roadnya cukup mumpuni.

Bodi besar tentu wajib diikuti kemampuan mesin yang handal. Nah, Force One tak main-main untuk urusan satu ini. Dapur pacu diesel 2.2 liter FMTech CRDI berlisensi Daimler AG, Jerman mengisi kap depannya. Mesin bertenaga 140 dk dan torsi 321 Nm ini mampu digeber hingga 189 km/jam.

Hmm, kok mirip ya?(

1 komentar:

  1. teman, sebelumnya maaf, sebagai masukan,
    kalau semua produk Indonesia terus2 di kritik, kapan majunya Indonesia,
    toh mereka berusaha juga hasilnya untuk kita nikmati,jadi pesan saya tolong di buka sedikit paradigma untuk negeri Indonesia tempat anda berkembang,
    thanks ^_^

    BalasHapus